Apa penting mengetahui tentang Safety Riding ???


Hai para pecinta dunia otomotif khususnya roda dua, apakah anda peduli dengan keselamatan anda saat berkendara ??? kita pasti akan menemukan jawaban yang variatif dari pertanyaan tersebut, tetapi ada satu hal yang paling penting dan mungkin itu terkadang menjadi fatal untuk kita, saat ini kita akan mengupas sedikit berbagai permasalahan yang dihadapi para pengendara roda dua khususnya keselamatan dalam berkendara.

         03031301

Di Indonesia, jumlah kendaraan bermotor yang meningkat setiap tahunnya dan kelalaian manusia, menjadi faktor utama terjadinya peningkatan kecelakaan lalu lintas. Data Kepolisian RI menyebutkan, pada 2012 terjadi 109.038 kasus kecelakaan dengan korban meninggal dunia sebanyak 27.441 orang, dengan potensi kerugian sosial ekonomi sekitar Rp 203 triliun – Rp 217 triliun per tahun (2,9% – 3,1 % dari Pendapatan Domestik Bruto/PDB Indonesia). Sedangkan pada 2011, terjadi kecelakaan sebanyak 109.776 kasus, dengan korban meninggal sebanyak 31.185 orang.

Secara umum kecelakaan lalu lintas yang terjadi disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kelalaian manusia, kondisi jalan, kelaikan kendaraan dan belum optimalnya penegakan hukum lalu lintas. Berdasarkan Outlook 2013 Transportasi Indonesia, terdapat empat faktor penyebab kecelakaan, yakni kondisi sarana dan prasarana transportasi, faktor manusia dan alam. Namun demikian, di antara keempat faktor tersebut, kelalaian manusia menjadi faktor utama penyebab tingginya angka kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran berlalu lintas yang baik bagi masyarakat, terutama kalangan usia produktif.

167287_186395038055800_30746_n

Apa sih Safety Riding itu ???

Safety riding adalah cara berkendara yang aman demi keselamatan diri sendiri dan orang lain. Safety riding mencakup kelengkapan kendaraan dan keamanan pengendara.

Kelengkapan kendaraan meliputi rem,lampu lampu, spion dan semua komponen kendaraan yang sebelum berangkat harus dipastikan semua berfungsi dengan baik, mengganti komponen yang sudah aus semisal rem, ban dan bohlam lampu. Jangan lupa menyalakan lampu depan sesuai aturan terbaru dari pemerintah.
Keamanan pengendara adalah meliputi penggunaan atribut keselamat pada badan pengendara dan boncenger. Helm standar SNI adalah wajib mutlak, jaket, celana panjang, sepatu yang kokoh dan sarung tangan full adalah kelengkapan wajib demi keselamatan diri jika terjadi apa apa di jalan.
Jangan lupa juga untuk melengkapi diri dengan surat surat yang wajib ada : SIM dan STNK yang masih berlaku. Ini agar perjalanan anda tidak terhambat dan kehilangan uang demi membayar denda tilang.

DSC_8928

img1241

so, bisa kita tarik kesimpulan dalam diri masing-masing penting atau tidaknya mengetahui tentang Safety Riding dalam berkendara,HAL SEPELE MENJADI FATAL……..

semoga bermanfaat sampai bertemu di tips berikutnya

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s